24 Agustus 2009

PARAGRAF INDUKTIF DAN DEDUKTIF

     Dalam pelajaran ini, Anda diharapkan dapat menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf. Anda pun diharapkan dapat menemukan kalimat penjelas yang mengandung gagasan utama. Pada akhirnya, Anda dapat menemukan ciri paragraf induktif dan induktif. Selanjutnya, Anda diharapkan dapat mengidentifikasi paragraf induktif dan deduktif. Untuk mendukung pelajaran ini, Anda hendaknya dapat menerapkan frase nominal
dalam penulisan paragraf induktif dan deduktif.

     "Scribo ergo sum" yang artinya, dengan menulis maka engkau ada.' Apakah sempat terpikir oleh Anda bagaimana para penulis atau pengarang mengawali dunia menulisnya? Mereka berangkat dari latihan dasar menulis. Kemudian, mereka melatih keterampilanmenulisnya dengan mengembangkan beragam gagasan. Tidak adakata menyerah untuk mulai menulis.

                                                       Perilaku Agresi pada Remaja
                                                  Oleh Zainun Mu’tadin, S.Psi., MSi.


     Pada kalangan remaja, aksi yang biasa dikenal sebagai tawuran pelajar/tawuran massal merupakan hal yang sudah terlalu sering kita saksikan, bahkan cenderung dianggap biasa. Pelaku-pelaku tindakan aksi ini bahkan sudah dilakukan oleh siswa-siswa di tingkat SMA. Ini sangatlah memprihatinkan kita semua.

     Hal yang terjadi pada saat tawuran sebenarnya
adalah perilaku agresi dari seorang individu atau kelompok. Agresi itu sendiri didefinisikan sebagai suatu cara untuk melawan dengan sangat kuat, berkelahi, melukai, menyerang, membunuh, atau menghukum orang lain. Secara singkatnya, agresi adalah tindakan yang dimaksudkan untuk melukai orang lain atau merusak milik orang lain.

      Pertanyaannya kemudian adalah faktor-faktor apa saja yang dapat menjadi pemicu perilaku agresi tersebut? Mengapa kasus-kasus sepele dalam kehidupan sosial masyarakat sehari-hari dapat tiba-tiba berubah menjadi bencana besar yang berakibat hilangnya nyawa manusia? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa saja penyebab perilaku agresi berikut.


1. Amarah
     Marah merupakan emosi yang memiliki ciri-ciri aktivitas sistem saraf parasimpatik yang tinggi dan adanya perasaan tidak suka yang sangat kuat yang biasanya disebabkan adanya kesalahan, yang mungkin nyata-nyata salah atau mungkin juga tidak. Pada saat marah ada perasaan ingin menyerang, meninju, menghancurkan, atau melempar sesuatu dan biasanya timbul pikiran yang kejam. Jika hal-hal tersebut disalurkan, terjadilah perilaku agresi.

     Jadi, tidak dapat dipungkiri bahwa pada kenyataannya agresi adalah suatu respons terhadap
marah. Kekecewaan, sakit fisik, penghinaan, atau ancaman sering memancing amarah dan akhirnya memancing agresi. Ejekan, hinaan, dan ancaman merupakan pancingan yang jitu terhadap amarah yang akan mengarah pada agresi. Anak-anak di kota seringkali saling mengejek pada saat bermain, begitu juga dengan remaja biasanya mereka mulai saling mengejek dengan ringan sebagai bahan tertawaan, kemudian yang diejekikut membalas ejekan tersebut. Lama kelamaan, ejekan yang dilakukan semakin panjang dan terus-menerus dengan intensitas ketegangan yang semakin tinggi.


     Ejekan ini semakin lama-semakin seru karena rekan-rekan yang menjadi penonton juga ikut-ikutan memanasi situasi. Pada akhirnya, jika salah satu tidak dapat menahan amarahnya, ia mulai berupaya menyerang lawannya. Dia berusaha meraih apa saja untuk melukai lawannya. Dengan demikian, berarti isyarat tindak kekerasan mulai terjadi. Bahkan pada akhirnya penonton pun tidak jarang ikut-ikutan terlibat dalam perkelahian.

2. Faktor Biologis
Ada beberapa faktor biologis yang memengaruhi perilaku agresi.
     a. Gen tampaknya berpengaruh pada pembentukan sistem neural otak yang mengatur perilaku agresi. Dari penelitian yang dilakukan terhadap binatang, mulai dari yang sulit sampai yang paling mudah dipancing amarahnya. Faktor keturunan tampaknya membuat hewan jantan yang berasal dari berbagai jenis lebih mudah marah dibandingkan betinanya. 
     b. Sistem otak yang tidak terlibat dalam agresi ternyata dapat memperkuat atau menghambat sirkuit neural yang mengendalikan agresi. Pada hewan sederhana, marah dapat dihambat atau ditingkatkan dengan merangsang sistem limbik (daerah yang menimbulkan kenikmatan pada manusia) sehingga muncul hubungan timbal balik antara kenikmatan dan kekejaman. Orang yang berorientasi pada kenikmatan akan sedikit melakukan agresi. Adapun orang yang tidak pernah mengalami kesenangan, kegembiraan atau santai cenderung untuk melakukan kekejaman dan penghancuran (agresi). Keinginan yang kuat untuk menghancurkan disebabkan oleh ketidakmampuan untuk menikmati sesuatu hal yang disebabkan cedera otak karena kurang rangsangan sewaktu bayi.
     c. Kimia darah (khususnya hormon seks yang sebagian ditentukan faktor keturunan) juga dapat memengaruhi perilaku agresi. Dalam suatu eksperimen, ilmuwan menyuntikkan hormon testosteron pada tikus dan beberapa hewan lain (testosteron merupakan hormon androgen
utama yang memberikan ciri kelamin jantan), maka tikus-tikus tersebut berkelahi semakin sering dan lebih kuat. Sewaktu testosteron dikurangi hewan tersebut menjadi lembut. Adapun pada wanita yang sedang mengalami masa haid, kadar hormon kewanitaan yaitu estrogen dan progresteron menurun jumlahnya akibatnya banyak wanita melaporkan bahwa perasaan mereka mudah tersinggung, gelisah, tegang, dan bermusuhan. . Peran Belajar Model Kekerasan
Tidak dapat dipungkiri bahwa pada saat ini anak-anak dan remaja banyak belajar menyaksikan
adegan kekerasan melalui televisi dan juga games atau pun mainan yang bertema kekerasan. Acaraacara yang menampilan adegan kekerasan hampir setiap saat dapat ditemui dalam tontonan yang disajikan di televisi mulai dari film kartun, sinetron, sampai film laga. Selain itu, ada pula acara-acara TV yang menyajikan acara khusus perkelahian yang sangat populer di kalangan remaja. Walaupun pembawa sering berulang-ulang mengingatkan penonton untuk tidak mencontoh apa yang mereka saksikan namun diyakini bahwa tontonan tersebut akan berpengaruh terhadap perkembangan jiwa penontonnya. Kegiatan menyaksikan perkelahian
dan pembunuhan, meskipun sedikit, pasti akan menimbulkan rangsangan dan memungkinkan untuk meniru model kekerasan tersebut.

4. Frustrasi
     Frustrasi terjadi jika seseorang terhalang oleh sesuatu hal dalam mencapai suatu tujuan, kebutuhan, keinginan, pengharapan atau tindakan tertentu. Agresi merupakan salah satu cara berespons terhadap frustrasi. Remaja miskin yang nakal adalah akibat dari frustrasi yang berhubungan dengan banyaknya waktu menganggur, keuangan yang pas-pasan, dan adanya
kebutuhan yang harus segera terpenuhi tetapi sulit sekali tercapai. Akibatnya, mereka menjadi mudah marah dan berperilaku agresi.
     Begitu pula tawuran pelajar yang terjadi ada kemungkinan faktor frustrasi ini memberi
sumbangan yang cukup berarti pada terjadinya peristiwa tersebut. Sebagai contoh, banyaknya anakanak sekolah yang bosan dengan waktu luang yang sangat banyak dengan cara nongkrong-nongkrong di pinggir jalan dan ditambah lagi saling ejek mengejek yang bermuara pada terjadinya perkelahian. Banyak juga perkelahian disulut oleh karena frustrasi yang
diakibatkan hampir setiap saat dipalak (diminta uangnya) oleh anak sekolah lain padahal sebenarnya uang yang di palak adalah untuk kebutuhan dirinya.

5. Proses Pendisiplinan yang Keliru
     Pendidikan disiplin yang otoriter dengan penerapan yang keras terutama dilakukan dengan
memberikan hukuman fisik, dapat menimbulkan berbagai pengaruh yang buruk bagi remaja. Pendidikan disiplin seperti itu akan membuat remaja menjadi seorang penakut, tidak ramah dengan orang lain, dan membenci orang yang memberi hukuman, kehilangan spontanitas serta inisiatif. Pada akhirnya, ia melampiaskan kemarahannya dalam bentuk agresi kepada orang lain.
     Hubungan dengan lingkungan sosial bergantung pada kekuasaan dan ketakutan. Siapa yang lebih berkuasa dapat berbuat sekehendak hatinya. Adapun yang tidak berkuasa menjadi tunduk. Pola pendisiplinan tersebut dapat pula menimbulkan pemberontakan, terutama jika larangan-larangan yang bersanksi hukuman tidak diimbangi dengan cara lain yang dapat memenuhi kebutuhan yang mendasar. Contohnya, anak dilarang untuk keluar main, tetapi di dalam rumah tidak diperhatikan oleh kedua orangtuanya karena kesibukan mereka.
     Dengan mengetahui faktor penyebab seperti yang dipaparkan, diharapkan dapat diambil manfaat bagi para orangtua, pendidik, dan terutama para remaja sendiri dalam berperilaku dan mendidik generasi berikutnya agar lebih baik sehingga aksiaksi kekerasan baik dalam bentuk agresi verbal maupun agresi fisik dapat diminimalkan atau bahkan dihilangkan. Mungkin masih banyak faktor penyebab lainnya yang belum kami bahas disini. Akhirnya, kita setidaknya berharap faktor-faktor agresi patut diwaspadai.
                                                                                                          Sumber: www.e-psikologi.com

Pada bacaan di atas, Anda telah membaca teks yang berisi masalah sikap agresif pada remaja dan psikologi belajar. Dalam teks tersebut, Anda menemukan beberapa paragraf yang memuat kesatuan kalimat utama dan kalimat penjelas. Contohnya dalam penjelasan berikut.

Kalimat utama:
Sistem otak yang tidak terlibat dalam agresi ternyata dapat memperkuat atau menghambat sirkuit neural yang mengendalikan agresi.

Kalimat penjelas:
1. Pada hewan sederhana, marah dapat dihambat atau ditingkatkan dengan merangsang sistem limbik (daerah yang menimbulkan kenikmatan pada manusia) sehingga muncul hubungan timbal balik antara kenikmatan dan kekejaman.
2. Orang yang berorientasi pada kenikmatan akan sedikit melakukan agresi, sedangkan orang yang tidak pernah mengalami kesenangan, kegembiraan, atau santai cenderung untuk melakukan kekejaman dan penghancuran (agresi).
3. Keinginan yang kuat untuk menghancurkan disebabkan oleh ketidakmampuan untuk menikmati sesuatu hal yang disebabkan cedera otak karena kurang rangsangan sewaktu bayi.

      Kalimat-kalimat yang ada dalam paragraf tersebut tergabungdalam kelompok yang saling berhubungan sejalan dengan pikiran utama paragraf. Kalimat utama dari paragraf tersebut adalah hubungan pengaruh otak dan sikap agresi.
     Dari contoh tersebut, dapat disimpulkan bahwa paragraf merupakan sekelompok kalimat yang saling berhubungan dan bersamasama menjelaskan satu inti buah pikiran. Dalam hal ini, kesatuan tersebut mendukung buah pikiran yang lebih besar.
     

     Paragraf dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Jenis berdasarkan letak kalimat utama terdiri atas paragraf deduktif dan paragraf induktif.

1. Paragraf Deduktif

Perhatikan contoh paragraf berikut.
     Frustrasi terjadi jika seseorang terhalang oleh suatu hal dalam mencapai tujuan, kebutuhan, keinginan, pengharapan, atau tindakan tertentu. Agresi merupakan salah satu cara berespons terhadap frustrasi. Remaja miskin yang nakal adalah akibat dari frustrasi yang berhubungan dengan banyaknya waktu menganggur, keuangan yang pas-pasan, dan adanya kebutuhan
yang harus segera terpenuhi tetapi sulit sekali tercapai. Akibatnya, mereka menjadi mudah marah dan berperilaku agresif.


Kalimat utama dalam kalimat ini terletak pada awal paragraf. Hal yang menjadi pikiran utama dalam paragraf tersebut adalah frustasi sebagai penyebab agresi. Kalimat-kalimat selanjutnya kemudian bertugas sebagai penjelas dengan mendukung kalimat pertama.

2. Paragraf Induktif
Perhatikan contoh paragraf berikut.


     Faktor penyebab seperti yang dipaparkan, diharapkan dapat bermanfaat bagi para orangtua, pendidik, dan terutama para remaja sendiri dalam berperilaku dan mendidik generasi berikutnya agar lebih baik. Dengan demikian, aksi-aksi kekerasan baik dalam bentuk
agresi verbal maupun agresi fisik dapat diminimalkan atau bahkan dihilangkan. Mungkin masih banyak faktor penyebab lainnya yang belum dibahas di sini. Akhirnya, kita setidaknya berharap
bahwa faktor-faktor agresi patut diwaspadai.

     Paragraf tersebut adalah paragraf yang kalimat utamanya berada pada bagian akhir. Biasanya, kalimat utama pada paragraf induktif menggunakan konjungsi penyimpul antarkalimat, seperti jadi, maka, dengan demikian, akhirnya, atau oleh karena itu. Akan tetapi, hal ini bukan hal yang mutlak sebab ada juga kalimat utama dalam paragraf induktif yang tidak perlu didahului konjungsi.



 

1 komentar:

tiin mengatakan...

lainyya mn pakk???